Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam memberikan pembelajaran kepada anak usia dini memanglah sangat sulit, jika kita sebagai orang dewasa tidak memiliki rasa sabar yang luas. Seperti halnya memberikan pembelajaran kepemimpinan pada anak, orang dewasa atau guru harus ikut andil dalam pengawasan pemberian pembelajaran ini, karena pengaruh ini akan mengakibatkan pada tingkah perilaku anak dan sebagai guru harus mengembangkan lebih dalam potensi yang dimiliki anak.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pembelajaran kepemimpinan anak usia dini di kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut dan mendeskripsikan persepsi guru PAUD tentang pembelajaran kepemimpinan anak usia dini di kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif, dengan objek dan subjek penelitian memilih Guru PAUD yang berada di Kecamatan Wanaraja Garut yang memiliki informasi mengenai permasalahan yang diteliti yakni Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Kepemimpinan Anak Usia Dini di Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Data yang dikumpulkan menggunakan instrument berupa wawancara terhadap informan, kemudian data tersebut dianalisis secara kualitatif.


Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran kepemimpinan anak usia dini menurut persepsi guru di kecamatan  Wanaraja-Garut, memiliki prinsip kepemimpinan berkenaan dengan seseorang mempengaruhi perilaku oranglain untuk mencapai suatu tujuan


Kata kunci : Kepemimpinan Anak Usia dini, Pembelajaran Kepemimpinan, Persepsi Guru

Kata Kunci

Kepemimpinan Anak Usia dini, Pembelajaran Kepemimpinan, Persepsi Guru

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ulfah, F., & Utami, A. N. (2023). PERSEPSI GURU PAUD TENTANG PEMBELAJARAN KEPEMIMPINAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN WANARAJA. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 2(1), 201–207. https://doi.org/10.37968/anaking.v2i1.593