Isi Artikel Utama

Abstrak

Pendidikan sudah dimulai sejak usia dini. Sehingga hal tersebut akan menjadi tantangan bagi setiap tenaga pengajar dalam membuat pengembangan Pendidikan di Indonesia, karena salah satu faktor keberhasilan dari suatu bangsa dapat dilihat dari pengembangan Pendidikan di dalam suatu bangsa tersebut. Hal ini sejalan dengan hasil mini riset yang telah dilakukan oleh peneliti pada salah satu kelompok belajar di RA Al-Mahfud, terkait dengan pengenalan membaca awal pada anak usia dini, namun realita di lapangan ternyata masih belum merata pengembangan membaca awal yang inovatif dengan kesan menyenangkan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode mendongeng read aloud terhadap pengenalan membaca awal di kelompok B RA Al-Mahfud. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini, yaitu dengan menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) pada siswa dengan rentang usia 5-6 tahun dilaksanakan dengan II siklus, dan setiap satu siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, Adapun pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan dengan menggunakan metode penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengolahan data hasil wawancara. Untuk sumber data sekunder dengan melakukan studi kepustakaan melalui berbagai macam sumber seperti buku, artikel ilmiah yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan Peserta didik yang menunjukkan Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (100%) dan mulai berkembang (MB) (0%).


Kata kunci: Membaca awal, Anak usia dini, Mendongeng, Read aloud

Kata Kunci

Membaca awal, Anak usia dini, Mendongeng, Read aloud

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aliyah, S., & Fauziah, A. S. P. (2023). PENGENALAN MEMBACA AWAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE MENDONGENG READ ALOUD KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL MAHFUD. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 2(1), 195–200. https://doi.org/10.37968/anaking.v2i1.583