Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadan siswa yang masih memiliki sikap acuh disaat temannya mendapat musibah bahkan mereka tidak mau membantu sama sekali, ditambah lagi kurangnya penanaman karakter ta’awun dalam kegiatan pembelajaran, guru cenderung mengutamakan akademiknya saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman karakter ta’awun anak usia dini 5-6 tahun di RA Persis 96 Bayongbong. Setelah penelitian ini selesai diharapkan memberikan masukan kepada guru dalam penerapan karakter. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentasi penanaman karakter ta’awun anak pra siklus 10%, siklus I 26%, siklus II 53%, siklus III 89%. Dengan demikian Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa penanaman karakter ta’awun anak usia dini pada kelompok B di RA Persis 96 Almanar Bayongbong setelah diberi tindakan dengan bantuan media pohon karakter mengalami peningkatan yang signifikan.


Kata kunci: Penanaman karakter ta'awun, anak usia dini, media pohon karakter.

Kata Kunci

Penanaman karakter ta'awun, anak usia dini, media pohon karakter.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Widari, I., & Hermawati, H. (2023). Penanaman Karakter Ta’awun Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Bantuan Media Pohon Karakter Di RA PERSIS 96 Bayongbong - Garut. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 2(2), 24–30. https://doi.org/10.37968/anaking.v2i2.576

Referensi

  1. Aleinikov, G. Andrei, Mega kreativitas. Yogyakarta : Sufibooks, 2020
  2. AmirullohSyarbini, Buku Pintar Pendidikan Karakter, ( Jakarta: prima Pustaka, 2012), hlm 14.
  3. Aqila Smart, Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran dan Terapi untuk Anak berkebutuhan Khusus, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2019), hlm. berkebutuhan Khusus, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2019), hlm.36
  4. Astrianina,(2019:92), Penerapan Media Bermain Anak Paud, Semarang.
  5. Delina shiyami, “Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 2020 Lengkong Besar Tahun Ajaran 2018/2019)’,Metode Penelitian, 2018, 46-74.
  6. Delvia Sugesti, Mengulas Tolong Menolong Dalam Perspektif Islam. Jurnal PPKn dan Hukum, Vol. 14 No 02 Oktober 2019
  7. Dr. Sukantini, Dr. M.Shoffa.Saifillah Al-Faruk, “Pendidikan Karakter”, Jambi juli 2020 , hal.9
  8. Dr.H. Muhamad Soleh Hapudin, M.Si, Membentuk Karakter Baik Pada Diri Anak,(Jakarta:Tazkia Press, November 2018), hlm 18
  9. Dr.H.Muhamad Soleh Hapudin,M.Si,”Manajemen Karakter:Membentuk Karakter Baik Pada Anak”, (Jakarta:TAZKIA Press 2019), h.10.
  10. Drs. Usep Kustiawan, M.Sn,Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini.(Malang:Penerbit Gunung Samudra,2016 ) hlm.6
  11. Ernwulan, h.29
  12. Galuh Widitya Qomaro dan Armyza Oktasari, Manifestasi Konsep Taawun Dalam Zaakwaarneming Perspektif Hukum Perikatan. Journal Et-Tijarie, No.01 (2018)
  13. http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2039
  14. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendika/article/view/1137
  15. https://www.Sabilalmuhtadin.Sch.id/articles-detail.Cfm?ID=191
  16. https://www.gramedia.com/literasi/tolong-menolong
  17. Kurniasih, Wida, “Pengertian Tolong Menolong:Manfaat dan Kaitannya dengan Pembangunan Karakter Bangsa” (2021).
  18. Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1–8.
  19. Majalah Swara Cinta Edisi 65. “Generasi Digital”, 2016, h.15)
  20. Mukti Amini, Hakikat Anak Usia Dini, PAUD4 306, Edisi 2.
  21. Natalina Nilamsari, 2014. Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif: Artikel Jurnal vol.8 No.2
  22. Prof.Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd, “ Manajemen Pendidikan Karakter”, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011), h.9
  23. Septy Nurfadhillah,2021. Media Pembelajaran. Tangerang : Universitas Muhammadiyah
  24. SUDRAJAT, Ajat. Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 2011
  25. Sugiyono, Metode Penelitian Kualitaif dan Kuantitaif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2014), Cetakan ke-21, hlm: 83.
  26. Suyadi. 2019. Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  27. Tafsir , Kementrian Agama (Kemenag ), h. 7
  28. Uswatun Hasanah, Nur Fajri, “Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini”, Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.2 No 2 Agustus 2022
  29. Wardhani Igak, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta : Universitas Terbuka, 2008),h.14.
  30. Wina Sanjaya,Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Kencana, 2009), 96
  31. Zubaedi, Strategi Taktis Pendidikan Karakter, (Depok:Rajawali Pers, 2017), hlm 26