Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada kemampuan pemahaman fiqh ibadah anak usia dini di RA Nurul Hikmah Bayongbong, perlunya metode pembelajaran yang menyenangkan buat menunjang proses pembelajaran yang menarik, aktif dan inovatif. Metode pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dapat mengefektifkan pembelajaran kemampuan pemahaman fiqh ibadah anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk terdeskripsinya kemampuan pemahaman fiqh ibadah anak usia dini di RA Nurul Hikmah, terdeskripsikannya penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran fiqh ibadah pada RA Nurul Hikmah dan terdeskripsikannya pemahaman fiqh ibadah anak usia dini sesudah diterapkan metode bernyanyi di RA Nurul Hikmah Bayongbong.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis MC dan Taggart, pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis menggunakan data kualitatif, penelitian ini dilakukan di RA Nurul Hikmah Bayongbong sebanyak 19 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan kemampuan pemahaman fiqh ibadah pada anak usia dini di RA Nurul Hikmah Bayongbong Garut mengalami peningkatan hal tersebut dilihat dari data akumulasi hasil dari prasiklus dengan persentase 11%, pada siklus pertama meningkat dengan peningkatan persentase 37% dan pada siklus kedua mengalami peningkatan dengan persentase 74%.


Kata kunci: Kemampuan, Ibadah, Kreativitas

Kata Kunci

Kemampuan, Ibadah, Kreativitas

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sofiawati, E., & Firdiyanti, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Fiqh Ibadah Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Di RA Nurul Hikmah Bayongbong Garut . Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 2(2), 48–55. https://doi.org/10.37968/anaking.v2i2.575

Referensi

  1. Anggraini, Fitria P., Aria Ahmad Mangunwibawa, Lestari Koesoemawardhani, Nasrudin Nasrudin, Dian Fiktriani, Lusi Margiyani, and others, ‘Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas’, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 2022
  2. Ani Widayati, ‘Penelitian Tindakan Kelas’, JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI.1 (2008), 87–93
  3. Arif Z, ‘Pendidikan Fiqih Ibadah Anak Sekolah Dasar Dalam Lingkungan Keluarga Rw 04 Desa Krasak’, 2019, 12–20
  4. Baharuddin, Ismail, ‘Upaya Orangtua Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini’, 08.02 (2016), 92–106
  5. Etivali, Adzroil Ula Al, and Alaika M. Bagus Kurnia, ‘Pendidikan Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Penelitian Medan Agama, 10.2 (2019), 212–36
  6. Hasanah, Hasyim, ‘Teknik-Teknik Observasi’, 8.1 (2017), 21 <https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163>
  7. Hasnawati, ‘Urgensi Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Dalam Membentuk Kepribadian Islami’, Jurnal Pendidikan, Vol 2, No (2019), 3 <https://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/andidjemma/article/view/223>
  8. Hasyim, Sukarno L, ‘Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam Oleh : Sukarno L. Hasyim 1’, Journal Lentera : Kajian Keagaman, Keilmuan Dan Teknologi, Vol 13 No. (2018), 69–77
  9. Jamaluddin, Syakir, Kuliah Fiqh Ibadah, Journal of Chemical Information and Modeling, 2013, 01
  10. Khairi, Husnuzziadatul, ‘Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun’, Jurnal Warna, 2.2 (2018), 15–28
  11. Suminah, Enah, Yulianti Siantayani, Dona Paramitha, Utin Ritayanti, and Ali Nugraha, ‘Buku Penilaian Pembelajaran’, 2015
  12. Talango, Sitti Rahmawati, ‘Konsep Perkembangan Anak Usia Dini’, Early Childhood Islamic Education Journal, 1.1 (2020), 92–105 <https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35>