Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir simbolik anak pada kelompok A di RA Al Kubro sepert anak belum mampu mengenal dan menyebutkan simbol angka dan huruf. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir simbolik dengan menggunakan media toples simbol. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelompok A. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan  berpikir simbolik anak pra siklus 10%, kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 35%. Sedangkan peningkatan pada siklus siklus II menjadi 70% dan siklus III 85%. Dengan demikian, kemampuan berpikir simbolik pada anak usia dini pada kelompok A RA Al Kubro sebelum setelah diberi tindakan dengan menggunakan media toples simbol dengan mengalami peningkatan yang signifikan.


Kata kunci: Berpikir simbolik, Media pembelajaran toples simbol, Anak usia dini 

Kata Kunci

Anak Usia Dini Berpikir simbolik Media Pembelajaran Toples Simbol Early childhood Learning media symbol jar Symbolic Thinking

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ulfah, F., & Wandani, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Melalui Media Toples Simbol Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di RA Al Kubro Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut . Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 3(1), 41–45. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i1.526

Referensi

  1. Muhajir, “Materi dan metode pendidikan anak dalam Al-qur’an” (Banten:Lembaga Penerbitan fakultas tarbiyah dan keguruan, 2015) hlm 84
  2. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, standar pendidikan anakusia dini , Permendikbud No. 137 Tahun 2014.
  3. Ervina Istanti, Debibik Nabilatul Fauziah.” Stimulasi kemampuan berpikir simbolik melalui kegiatan meronce anak usia 4-5 tahun “hal 207.
  4. Norma Diana Fitri, “Metode Fingermathic Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Trunojoyo 04, no.1 (2019): 569.
  5. Igak, Wardhani. 2008. “Penelitian Tindakan Kelas.” In Jakarta: Universitas Terbuka, 14.
  6. Hasan Basri” Kemampuan kognitif dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran ilmu sosial bagi siswa sekolah dasar” ,Jurnal penelitian pendidikan ,18.1(2018) 1-9.