Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di RA Ar-Ridwan Kecamatan Pakenjeng ditemukan beberapa latar belakang masalah terutama dalam hal mengenal warna, ketika kegiatan pembelajaran dimulai terdapat beberapa anak yang masih ragu-ragu bahkan tidak mau mengikuti kegiatan, mereka memilih diam sampai menangis karena anak belum mampu mengklasifikasikan, mengelompokkan dan menyebutkan warna dengan tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan media Pom-pom di RA Ar-Ridwan untuk mengenal warna pada anak, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengenalan warna, yang terkait dengan tiga indikator, yaitu klasifikasi, menyebutkan dan mengurutkan warna. Jenis penelitian yang digunakan dalam analisis ini, yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggrat, yang memiliki 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini terdapat 10 responden yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dalam pra siklus kemampuan mengenal warna pada anak yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik yaitu 20% kemudian pada siklus I berubah menjadi 30% dan siklus II semakin meningkat pada persentase 80% untuk anak yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik, hal ini menunjukkan signifikasi pada kemampuan mengenal warna pada anak melalui media pom-pom.
Kata kunci: media pom-pom, kemampuan, mengenal warna
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking )
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Asep Ena, Indra Jaya, and Dona Paramita, ‘Penilaian Dan Laporan Perkembangan’, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 021, 2018, 1–25
- Evi Dwi Lestari Mas, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri, and Surabaya Email, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Klasifikasi Kancing Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun’ Udah,” n.d., 1–5.
- Akib, Z. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) TK/RA-SLB/SDLB. Ar-Ruzz Media.
- Dewi, senja N. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA FAJAR BARU LAMPUNG SELATA. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.
- Ena, S., Jaya, I., & Paramita, D. (2018). Penilaian dan Laporan Perkembangan. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 021, 1–25.
- Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
- lestari evi dwi dan mas’udah Pendidikan, F. I., Negeri, U., & Email, S. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN KLASIFIKASI KANCING WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN Evi Dwi Lestari Mas ’ udah. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 05, 1–5.
- Lubis, Z., Ariani, E., Segala, S. M., & Wulan, W. (2023). Pendidikan Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Anak. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 92–106. https://doi.org/10.56832/pema.v1i2.98
- Maryani, I., & Nofitasari, A. D. (2018). EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DI KELAS A TK ABA TOBAYAN SLEMAN. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN, 2(1), 7–15.
- Mujahida. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered Dan Learner Centered Paulo Freire, (2002) juga memberikan kritik terhadap pendidikan yang "teacher centered program. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 323–331.
- Rukajat, A. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research): Disertai Contoh Judul Skripsi dan Metodologinya. Deepublish.
- Yulianti, A., Herminastiti, R., & Chairunnisa. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Bermain Tabung Hitung Pom-Pom. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PAUD-009, 2019: Pendidikan Anak Usia Dini, 1–10. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/231/188
Referensi
Asep Ena, Indra Jaya, and Dona Paramita, ‘Penilaian Dan Laporan Perkembangan’, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 021, 2018, 1–25
Evi Dwi Lestari Mas, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri, and Surabaya Email, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Klasifikasi Kancing Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun’ Udah,” n.d., 1–5.
Akib, Z. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) TK/RA-SLB/SDLB. Ar-Ruzz Media.
Dewi, senja N. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA FAJAR BARU LAMPUNG SELATA. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.
Ena, S., Jaya, I., & Paramita, D. (2018). Penilaian dan Laporan Perkembangan. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 021, 1–25.
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
lestari evi dwi dan mas’udah Pendidikan, F. I., Negeri, U., & Email, S. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN KLASIFIKASI KANCING WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN Evi Dwi Lestari Mas ’ udah. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 05, 1–5.
Lubis, Z., Ariani, E., Segala, S. M., & Wulan, W. (2023). Pendidikan Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Anak. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 92–106. https://doi.org/10.56832/pema.v1i2.98
Maryani, I., & Nofitasari, A. D. (2018). EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DI KELAS A TK ABA TOBAYAN SLEMAN. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN, 2(1), 7–15.
Mujahida. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered Dan Learner Centered Paulo Freire, (2002) juga memberikan kritik terhadap pendidikan yang "teacher centered program. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 323–331.
Rukajat, A. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research): Disertai Contoh Judul Skripsi dan Metodologinya. Deepublish.
Yulianti, A., Herminastiti, R., & Chairunnisa. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Bermain Tabung Hitung Pom-Pom. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PAUD-009, 2019: Pendidikan Anak Usia Dini, 1–10. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/231/188