Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam pada kelompok A di RA Tanjung Assalam Pakenjeng Tahun Ajaran 2022/2023 diantaranya, kurangnya minat belajar anak dikelas dikarenakan beberapa faktor sepertia media belajar, kurangnya kreativitas anak dalam mengembangkan media yang sudah ada. Guru hanya menggunakan metode tradisional dan media konvensional. Sehingga diperlukan solusi dari beberapa masalah tersebut. Media loose part berbahan alam bisa dijadikan alternatif media yang dapat menjadikan kreativitas dan imajinasi anak lebih meningkat. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi pada kelompok A melalui media loose part berbahan alam. Jenis penelitian yaitu (PTK) dengan model Kemmis MC dan Taggart, metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan pengumpulan data diambil pada siklus I dan siklus II dengan teknik pengumpulan data meliputil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam pra siklus kemampuan mengenal bahan alam yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik 12% kemudian setelah dilakukan atau diterapkan media loose part kreativitas anak menjadi meningkat dari jumlah 24 siswa pada siklus I berkembang sesuai harapan dan berkambang sangat baik mencapai 58% dan pada Akhir Siklus II dari 24 siswa yang Berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik mencapai 96%.


Kata Kunci: Kreativitas dan imajinasi, loose part berbahan alam

Kata Kunci

kreativitas imajinasi loose part bahan alam Creativity and imagination loose parts made from nature

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jubaedah, E., & Sadiyah, S. H. (2024). Peningkatan Kreativitas Dan Imajinasi Anak Usia Dini Melalui Media Loose Part Berbahan Alam Di Kelompok A RA Tanjung Assalam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 3(1), 109–118. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i1.466

Referensi

  1. Ajat Rukajat, Penelitian tindakan kelas (classroom action research)disertai contoh judul skripsi dan metodologinya (yogyakarta:Budi utama, 2018).42
  2. Anjani Putri Belawati Pandiangan, Penelitian Tindakan Kelas (Mencoba Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pangan Guru dan Kompetensi Belajar Siswa) (Yogyakarta: Budi Utama, 2019). 8
  3. Basri Bado, Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah (Jakarta: CV Tahta Media Group, 2022).181
  4. (Pura & Asnawati, 2019)
  5. (Elizabeth B. Hurlock, 2010) H 4
  6. Imamah and Muqowim, ―Pengembangan Kreativitas Dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Part,‖ 271–72.
  7. Mastuinda, Zulkifli, and Febrialismanto, ―Persepsi Guru Tentang Penggunaan Loose Parts Dalam Pembelajaran Di PAUD Se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru,‖ Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 3, no. 1 (2020): 91.
  8. (Muhajir, 2011)
  9. UUD RI RI No. 41, “Presiden Republik Indonesia,” Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, no. 1 (2003): 1–5,