Isi Artikel Utama

Abstrak

Berdasarkan observasi awal ditemukan beberapa masalah pada anak usia dini yaitu terdapat anak yang belum mampu membedakan angka, mengenal konsep bilangan berjumlah, mengurutkan bilangan. Maka diperlukan suatu media yang menstimulasi untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan, Salah satu media yang bisa dikembangkan untuk pengembangan mengenal lambang bilangan yaitu dengan menggunakan media pohon angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media pohon angka pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Miftahussalam Singajaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindak Kelas (PTK) dari Kemmis dan Tagart. Observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan untuk pengumpulan data. Adapun subyek penelitian dalam tulisan ini, adalah anak usia 4-5 Tahun di Paud Miftahussalam Singajaya yang terdiri dari 7 orang siswi perempuan dan 9 orang siswa laki-laki. Terlihat adanya peningkatan dalam setiap pembelajarannya. adanya peningkatan pada pra siklus presentase yang dihasilkan 55% meningkat dalam siklus I dengan peningkatan 17,5% dengan jumlah presentase keseluruhan 72,5% pada siklus pertama, kemudian peneliti melakukan penelitian lagi pada siklus II dengan jumlah peningkatan 15% dan jumlah keseluruhan menjadi 87,5%. Penerapan pengenalan lambang bilangan menggunakan media pohon angka pada anak usia 4-5 Tahun di PAUD Miftahussalam mengcapai 87,5% sesuai dengan indikator yang sudah di targetkan peneliti.


Kata Kunci: Mengenal Lambang Bilangan, Pohon Angka, Pendidikan Anak Usia Dini;

Kata Kunci

Mengenal Lambang Bilangan Pohon Angka Pendidikan Anak Usia Dini Early Childhood Education Number Trees Recognizing Number Symbols

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jubaedah, E., & Agnia, G. N. (2024). Peningkatan Kemampuam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Pohon Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Miftahussalam Singajaya. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i1.465

Referensi

  1. Balkis, Rena Regina, ‘PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN Nur Ika Sari Rakhmawati , S . Pd ., M . Pd’
  2. Burhan, Bugin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kencana Prenada Media Group. (Jakarta, 2006)
  3. Dian Mutiah, Psikologi Anak Usia Dini (Jakarta, Kencana , 2010)
  4. Dini, Usia, ‘Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial’, 1.1 (2017),1–11
  5. Ena, SupAsep, Indra Jaya, and Dona Paramita, ‘Penilaian Dan Laporan Perkembangan’, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 021, 2018, 1–25
  6. Febrizalti, T, dan Saridewi, “Stimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Metode Jarimatika”, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.3 (2020), 1840-1848
  7. Hasbiyallah, dan Moh. Sulhan, “Hadits Tarbawi Dan Hadits-Hadits Di Sekolah Dan Madrasah”, Penelitian Hadits, 2019, 41-42
  8. Hasil, Meningkatkan, and Belajar Siswa, ‘Kata Kunci ’:, 03 (2018), 171–87
  9. Islam, Pendidikan Agama, ‘Pendidikan Agama Islam , Vol. XI, No. 1, Juni 2014’, XI.1 (2014)
  10. Lestari, KW, ‘Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini’, Seri Bacaan Orang Tua, 2011, 7
  11. Literate, Syntax, and Jurnal Ilmiah Indonesia, ‘View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk’, 2020, 274–82
  12. Majid, M. Kharis, ‘Angka Nol Sebagai Kontribusi Muslim Terhadap Matematika Modern’, Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 17.1 (2019), 5
  13. Maria Montessori, (Gerald Lee Gutek, Ed.)., Metode Montessori . (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2013). H.1-5’, 2013
  14. Marinda, Leny, ‘PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA Pendahuluan’, Jurnal An-Nisa :Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13.1 (2020), 116–52
  15. Maryatun, Ika Budi, ‘Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak’, Jurnal Pendidikan Anak, 5.1 (2016), 747–52
  16. Nasehudin and Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif, 2012
  17. Nayazik, Akhmad, Joko Suwignyo, and Fara Meidika, ‘Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9.2 (2019), 160–71
  18. Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd., Metode Peenelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Penelitian Gabungan (KENCANA, 2017)
  19. Rusydiyah, Evi Fatimatur, Media Pembelajaran Problem Based Learning, Emergency Medicine Journal, 2020
  20. Samsu, S.Ag., M.Pd.I., Ph.D., Metode Penelitian: Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development (PUSAKA JAMBI, 2017)
  21. Sariyanti La-sule, Rosita Wondal, and Nurhamsa Mahmud, ‘Pemanfaatan Media Pohon Angka Untuk Mengenal Konsep Bilanganpada Anak Usia Dini’, Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3.1 (2021), 23–35
  22. Setiawan, Agus, ‘Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Matematika Di RA Ma’arif 1 Kota Metro’, Jurnal Program Studi PGRA, 4.2 (2018), 181–188
  23. Sudirman, Sudirman, and Rosmini Maru, Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas, 2016
  24. Sujudi, Achmad, UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2003, 1116/MENKE
  25. Sukardiyono, Totok, ‘Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Dan Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas’, 2009, 3
  26. Sutoyo, Teknik Penulisan Tindakan Kelas (Surakarta: Kurnia Solo, 2021)
  27. Syafitri, Ockti, Rohita Rohita, and Nila Fitria, ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Di BKB PAUD Harapan Bangsa’, JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4.3 (2018), 193
  28. Wijaya, Candra, and Syahrum Syahrum, Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan Penelitian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru, International Journal of Physiology, 2014, VI