Isi Artikel Utama

Abstrak

Berdasarkan observasi awal ditemukan beberapa masalah pada anak usia dini yaitu rendahnya nilai moral anak usia dini dikarenakan adanya penerapan moral yang kurang tepat pada anak. Salah satu faktor yang menghambat perkembangan moral yaitu seringnya anak melihat perilaku yang tidak sesuai dengan nilai moral dilingkungan sekitarnya. Maka perlu dilakukannya tindakan  yaitu peningkatan moral melalui metode bercerita dengan media wayang kreasi. Metode bercerita merupakan salah satu metode yang paling banyak digunakan oleh bagi peningkatan moral anak, biasanya terdapat pesan moral yang terkandung dalam cerita. Selain itu bercerita juga bisa menggunakan media, salah satunya media wayang kreasi. Wayang kreasi digunakan agar anak tertarik mendengarkan cerita dan dapat membuat anak lebih antusias mengikuti kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan moral anak usia dini di TK Rimapersada menggunakan  metode bercerita dengan wayang kreasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) design kemmis dan Tagart, dengan metode kualitatif. Observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan untuk pengumpulan data. Subjek penelitian adalah perkembangan moral anak dengan objek 15 orang anak yang terdiri 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukan peningkatan moral anak dari hasil observasi awal adalah 26% kategori anak berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik, menjadi 46% pada siklus I. Pada siklus II meningkat sesuai harapan menjadi 87%. Hal ini menunjukan signifikasi pada peningkatan moral anak usia dini melalui metode bercerita dengan media wayang kreasi.


Kata Kunci: moral anak  usia dini, metode bercerita, media wayang kreasi

Kata Kunci

Media Wayang Kreasi Metode Bercerita Moral Anak Usia Dini creative wayang media early childhood morality storytelling method

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jubaedah, E., & Hazizah, S. W. (2024). Upaya Meningkatkan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Media Wayang Kreasi Kelompok A Di TK Rimapersada . Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 3(1), 62–68. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i1.445

Referensi

  1. Endah, W. (2016). Penggunaan metode bercerita dengan media wayang perca untuk meningkatkan pengetahuan moral. 5, 4.
  2. PENINGKATAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI BONEKA JARI (Recovered). (n.d.).
  3. Purwanto, N. (2013). analisis data.
  4. Suwarsih, M. (1994). Panduan penelitian tindakan (L. penelitian IKIP (Ed.); 1st ed.).
  5. Triyanti, T. R. A., Jamil, Z. A., & Amrindono, A. (2020). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Dan Agama Melalui Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak Para Bintang Kecamatan Alam ….
  6. UU RI Nomor 58 tahun 2009 sistem pendidikan nasional. (2009).