Isi Artikel Utama

Abstrak

Stunting merupakan indikator kekurangan gizi kronis akibat ketidak cukupan asupan makanan dalam waktu yang lama, kualitas pangan yang buruk, meningkatnya morbiditas serta terjadinya peningkatan tinggi badan yang tidak sesuai dengan umurnya (TB/U). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan Cooking Class di Tk Asy-Syuhada dalam upaya pencegahan stunting dengan menuju pada kesehatan gizi anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat postpositivisme digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci teknik pengumpulan data dilakukan secara trigulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan, melukiskan, menerangkan, menjelaskan dan menjawab secara lebih rinci permasalahan yang akan diteliti dengan mempelajari semaksimal mungkin seorang individu, suatu kelompok atau suatu kejadian. Dari hasil penelitian kegiatan cooking class dalam tingkat satuan pendidikan anak usia dini dapat dijadikan sebagai upaya pencegahan stunting pada anak. Karena dengan kegiatan cooking class dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi anak serta dapat memberikan pemahaman pada orang tua mengenai kebutuhan gizi anak sehingga pemenuhan gizi anak akan lebih optimal ketika diberikan oleh pihak sekolah dan keluarga.


Kata Kunci : Cooking Class, Stunting

Kata Kunci

stunting cooking class gizi kurang kegiatan memasak

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurjani, Y. Y., & Silviana, S. S. (2022). Pembiasaan Kegiatan Cooking Class di Tk Asy-Syuhada dalam Upaya Pencegahan Stunting . Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 189–194. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/316