Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kelekatan (attachment) antara guru dan siswa di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini karena perubahan jadwal  dan pengurangan waktu kegiatan belajar mengajar pada masa Pandemi Covid-19.


Menurut beberapa penelitian, metode dialogic reading memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek perkembangan anak usia dini. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai penerapan metode ini untuk meningkatkan kelekatan (attachment) antara guru dan siswa di TK. An-Nuur Tanjungkamuning. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat peningkatan kelekatan antara guru dan siswa di TK. An-Nuur sebelum dan sesudah implementasi metode dialogic reading.


            Dalam penelitian tindakan kelas ini, populasi yang digunakan adalah siswa kelompok B TK. An-Nuur Tanjungkamuning yang berjumlah 32 orang dan sampel yang digunakan adalah 16 orang siswa kelas B TK. An-Nur Tanjunngkamuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik mengumpulan data. Instrument penelitian yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis terhadap permasalahan yang ada, penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri dari beberapa tahap yakni tahap prasiklus, siklus 1, dan siklus 2.


            Persentase kelekatan pada prasiklus yaitu 0%. Kemudian pada siklus 1 tingkat keberhasilan mencapai 87,5%. Dan di siklus 2, terjadi peningkatan sebanyak 12,5 % sehingga tingkat keberhasilan mencapai 100%.


 


Kata Kunci : Kelekatan (Attachment), Dialogic Reading

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pratiwi, S., & Al-Hasni, S. R. (2022). Implementasi Dialogic Reading Dalam Upaya Meningkatkan Attachment Antara Guru dan Siswa (Studi PenelitianTindakan Kelas di TK. An-Nuur Tanjungkamuning, Garut). Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 68–76. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/315