Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kelekatan (attachment) antara guru dan siswa di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini karena perubahan jadwal dan pengurangan waktu kegiatan belajar mengajar pada masa Pandemi Covid-19.
Menurut beberapa penelitian, metode dialogic reading memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek perkembangan anak usia dini. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai penerapan metode ini untuk meningkatkan kelekatan (attachment) antara guru dan siswa di TK. An-Nuur Tanjungkamuning. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat peningkatan kelekatan antara guru dan siswa di TK. An-Nuur sebelum dan sesudah implementasi metode dialogic reading.
Dalam penelitian tindakan kelas ini, populasi yang digunakan adalah siswa kelompok B TK. An-Nuur Tanjungkamuning yang berjumlah 32 orang dan sampel yang digunakan adalah 16 orang siswa kelas B TK. An-Nur Tanjunngkamuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik mengumpulan data. Instrument penelitian yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis terhadap permasalahan yang ada, penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri dari beberapa tahap yakni tahap prasiklus, siklus 1, dan siklus 2.
Persentase kelekatan pada prasiklus yaitu 0%. Kemudian pada siklus 1 tingkat keberhasilan mencapai 87,5%. Dan di siklus 2, terjadi peningkatan sebanyak 12,5 % sehingga tingkat keberhasilan mencapai 100%.
Kata Kunci : Kelekatan (Attachment), Dialogic Reading
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Anggraini, Fitria Gian. 2020. Kelekataan Guru dan Motivasi Membaca. Lampung : PG PAUD FKIP Universitas Lampung
- Haditono, S.R, dkk. 1994. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
- Ratminingsih, Ni Made, dkk. t.t.PEMANFAATAN DIALOGIC READING : KOMPETENSI MENGAJAR GURU DAN KOMPETENSI MEMBACA SISWA. Jurusan Bahasa Asing FBS UNDIKSHA
- Sugiyono. 2001. Memahami Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
- Suryadin, Asyraf, dkk. 2015. Pengembangan Profesi Guru. : Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung : CV Amalia Book
- Syaodih, Nana. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, pasal 1, poin 1
- Q.S. Yusuf (12) ayat 3
Referensi
Anggraini, Fitria Gian. 2020. Kelekataan Guru dan Motivasi Membaca. Lampung : PG PAUD FKIP Universitas Lampung
Haditono, S.R, dkk. 1994. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
Ratminingsih, Ni Made, dkk. t.t.PEMANFAATAN DIALOGIC READING : KOMPETENSI MENGAJAR GURU DAN KOMPETENSI MEMBACA SISWA. Jurusan Bahasa Asing FBS UNDIKSHA
Sugiyono. 2001. Memahami Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Suryadin, Asyraf, dkk. 2015. Pengembangan Profesi Guru. : Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung : CV Amalia Book
Syaodih, Nana. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, pasal 1, poin 1
Q.S. Yusuf (12) ayat 3