Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir  logis pada anak usia 4-5 Tahun di kelas A KOBER Birulwaliden, dilihat dari salah satu indikator yaitu 7 dari  12 anak belum mampu menyebutkan warna dan mengenal jenis pola warna A-B. Sedangkan Kemampuan berpikir logis merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran, karena dalam berpikir logis anak dapat mengenal proses pembelajaran mengenai klasifikasi yang dapat mengelompokkan benda berdasarkan      persamaan, serasi atau mengurutkan perbedaan benda berdasarkan ukuran, serta mengenal suatu urutan atau jenis pola. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perkembangan kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di kelas A Kober Birulwaliden ketika menggunakan media papan pola.


          Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing- masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas A KOBER Birulwaliden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghitung pencapaian hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan kemampuan berpikir  logis. Penelitian ini menunjukan bahwa media papan pola mampu mengembangkan kemampuan berpikir  logis pada anak usia 4-5 Tahun di kelas A KOBER Birulwaliden dengan hasil siklus 1 16.6% (MB) , pada siklus ke II 33,3% (BSH) Sedangkan pada siklus ke III 75% (BSB).


 


Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Logis, Media Papan Pola.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ulfah, F., & Nuraffiyah, C. (2022). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MELALUI MEDIA PAPAN POLA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (PENELITIAN TINDAKAN DI KELAS A PAUD KOBER BIRULWALIDEN KECAMATAN CILAWU GARUT). Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 210–217. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/303