Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan sosial anak merupakan kematangan anak dalam mencapai hubungan sosial. Perkembangan sosial emosional sangat erat kaitannya dengan interaksi. Aktivitas interaksi sosial yang menunjukan adanya keterampilan sosial pada anak, umumnya dilakukan melalui kegiatan bermain. Permainan tradisional congklak yang dapat merangsang dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak dalam bermain dengan teman sebaya tanpa membedakan teman dengan dirinya, bersabar ketika menunggu giliran bermain, mampu jujur dalam melakukan permainan dan dapat mentaati aturan dalam sebuah permainan. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan  permainan congklak terhadap kemampuan sosial emosional anak Usia Dini di PAUD Al-Falah. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang reflektif terhadap berbagai aksi atau tindakan yang dilakukan oleh pendidik, mulai dari perencanaan sampai penelitian terhadap kegiatan nyata di kelas melalui kegiatan belajar mengajar untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil penelitian dari prasiklus, siklus I  sampai siklus II setelah menggunakan media permainan congklak menunjukan adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak usia dini. Hal  ini di buktikan dengan tercapainya indikator keberhasilan pada prasiklus  yang ditetapkan yaitu 23%, sedangkan hasil penelitian siklus II mencapai 80%.


Kata Kunci : Permainan Congklak, Kemampuan Sosial Emosional.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurjani, Y. Y., & Sopianti, S. (2022). PENGARUH PERMAINAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (5-6 TAHUN) DI PAUD AL FALAH. Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 195–201. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/296