Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan sosial anak merupakan kematangan anak dalam mencapai hubungan sosial. Perkembangan sosial emosional sangat erat kaitannya dengan interaksi. Aktivitas interaksi sosial yang menunjukan adanya keterampilan sosial pada anak, umumnya dilakukan melalui kegiatan bermain. Permainan tradisional congklak yang dapat merangsang dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak dalam bermain dengan teman sebaya tanpa membedakan teman dengan dirinya, bersabar ketika menunggu giliran bermain, mampu jujur dalam melakukan permainan dan dapat mentaati aturan dalam sebuah permainan. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan permainan congklak terhadap kemampuan sosial emosional anak Usia Dini di PAUD Al-Falah. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang reflektif terhadap berbagai aksi atau tindakan yang dilakukan oleh pendidik, mulai dari perencanaan sampai penelitian terhadap kegiatan nyata di kelas melalui kegiatan belajar mengajar untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil penelitian dari prasiklus, siklus I sampai siklus II setelah menggunakan media permainan congklak menunjukan adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak usia dini. Hal ini di buktikan dengan tercapainya indikator keberhasilan pada prasiklus yang ditetapkan yaitu 23%, sedangkan hasil penelitian siklus II mencapai 80%.
Kata Kunci : Permainan Congklak, Kemampuan Sosial Emosional.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Depdiknas,2009,Andi Agusniatih&jane M Monepa.,Keterampilan Soaial Anak Usia Dini (Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 2019)
- sujiono 2009,Andi Agusniatih,&jane M Monepa,Keterampilan Soaial Anak Usia Dini (Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 2019)
- Setiawan,M. H. Y. (Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8. 2016).
- Euis Kurniati, Permainan Tradisional dan Perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak (Jakarta, PT Kharisma Putra Utama, 2016)
- Lubis, R., & Khadijah, K, Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. ( Raudhatul AL-ATHFAL: JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 2018
- Abd. Malik Dachlan, dkk. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Yogyakarta, CV Budi Utama, 2019)
- Maria, I., & Amalia, E. R. 2018. Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun
- DEWI, RIA PUTRIANA. Pengaruh Metode Bermain Dakon Terhadap Perkembangan Emosi Anak di Taman Kanak-Kanak Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. 2019. PhD Thesis. Universitas ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
- MARYUNI, Anis. Mengembangkan nilai agama moral anak melalui permainan tradisional congklak pada anak kelompok B di tk aisyiyah 16 ngringo jaten karanganyar Tahun ajaran 2013/2014. 2014. PhD Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Nurhayati&Wahyuni.Perkembangan Interaksi Ssosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosiona Melalui Permainan Congklak Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Jurnal Buah Hati, 2020)
- Setiawan,M. H. Y. (Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8. 2016).
- Susianty Selaras Ndari,dkk. Metode Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 2018)
- (Lazarus 1991), Riana Mashar. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya(Kencana Jakarta,2011)
Referensi
Depdiknas,2009,Andi Agusniatih&jane M Monepa.,Keterampilan Soaial Anak Usia Dini (Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 2019)
sujiono 2009,Andi Agusniatih,&jane M Monepa,Keterampilan Soaial Anak Usia Dini (Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 2019)
Setiawan,M. H. Y. (Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8. 2016).
Euis Kurniati, Permainan Tradisional dan Perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak (Jakarta, PT Kharisma Putra Utama, 2016)
Lubis, R., & Khadijah, K, Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. ( Raudhatul AL-ATHFAL: JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 2018
Abd. Malik Dachlan, dkk. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Yogyakarta, CV Budi Utama, 2019)
Maria, I., & Amalia, E. R. 2018. Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun
DEWI, RIA PUTRIANA. Pengaruh Metode Bermain Dakon Terhadap Perkembangan Emosi Anak di Taman Kanak-Kanak Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. 2019. PhD Thesis. Universitas ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
MARYUNI, Anis. Mengembangkan nilai agama moral anak melalui permainan tradisional congklak pada anak kelompok B di tk aisyiyah 16 ngringo jaten karanganyar Tahun ajaran 2013/2014. 2014. PhD Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurhayati&Wahyuni.Perkembangan Interaksi Ssosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosiona Melalui Permainan Congklak Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Jurnal Buah Hati, 2020)
Setiawan,M. H. Y. (Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8. 2016).
Susianty Selaras Ndari,dkk. Metode Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 2018)
(Lazarus 1991), Riana Mashar. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya(Kencana Jakarta,2011)