Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mengenal konsep bilangan peserta didik kelompok A TK Darul Qolam Tahun ajaran 2021/2022 masih tergolong rendah dengan persentase keberhasilan hanya 30,7% yaitu dari jumlah 13 orang anak, 4 anak berkembang sesuai harapan (BSH), 3 anak mulai berkembang (MB), dan 6 anak belum berkembang (BB). Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran yang membosankan, pengelolaan kelas yang sifatnya klasikal dan media pembelajaran yang kurang beragam serta menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media maket maze terhadap peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian  dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar anak meningkat dari siklus ke siklus Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media maket maze dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Darul Qolam. Hal ini ditandai oleh peningkatan persentase anak yang memperoleh hasil belajar dari rata-rata 30,7% meningkat pada siklus 1 menjadi 53,9%, siklus 2 meningkat 76,9%, pada siklus 3 meningkat 84,6%.


Kata kunci : Konsep Bilangan, Media Maket Maze

Kata Kunci

Konsep Bilangan, Media Maket Maze

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ulfah, F., & Cica, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Maket Maze Pada Kelompok A TK Darul Qolam Bayongbong Garut. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(2), 9–16. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i2.277

Referensi

  1. Afifah Nurul (2017) ‘Efektifitas Maket Taman Lalin Terhadap Kemampuan Kognitif ( Klasifikasi) Pada Anak Kelompok A Di RA Perwanida 03, Kendal’,. Skripsi Tidak Diterbitkan
  2. Ayu Amalia, Ernawulan Syaodih, and Asep Deni Gustiana, (2020)‘Meningkatkan Penguasaan Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Media Puzzel’, Edukid, 16.2 (276–89 <https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.21531>.
  3. Brenner, (1990). The Prechool Handbook, (New York : Pantheon Books,)
  4. Dede pu’ad, (2005) Media Pengajaran (Garut: Defiya Print).
  5. Depdiknas, (2010). Salinan Kurikulum Taman Kanak-Kanak.. Dirjen manajemen pendidikan dasar dan menengah direktorat pembinaan TK dan SD.
  6. Farhana Husna (2008) , Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: Tsabita,)
  7. Ibda Fatimah (2015) ‘Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget’,
  8. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Permendikbud No 137 Tahun 2014 ( Indonesia: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014).
  9. Pendra Tri, (2012) “ Klasifikasi Ayat-Ayat Alqur’an Yang Memuat Konsep Matematika”, Skripsi Tidak Diterbitkan
  10. Solehudin, (1997) Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah ( Bandung : Depdikbud Fakultas Ilmu Pendidikan Institute Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bandung).
  11. Siti Rohmah Asyipa (2003) “Implementasi Media Pembelajaran Maket Dalam Mengembangkan Prestasi Belajar Anak Usia Dini Di TK AT-TAQWA Tentenan Barat Pamekasan".
  12. Syarihan, (2020). ‘Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Card Sort Di TK Pertiwi IX Jambi’, Skripsi Tidak Diterbitkan