Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan motorik anak usia dini di KB Al-Hujarot yang kurang terstimulus dengan baik, sehingga menjadi tujuan peneliti untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak usia dini melalui permainan Ayam dan Musang di KB Al-Hujarot Sucinaraja Kabupaten Garut. Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini, dimana 11 siswa menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa  nilai rata-rata gerak motorik kasar anak pada prasiklus 48,86 %. Setelah diberi tindakan nilai rata-rata meningkat tiap siklusnya, dimana hasil siklus 1 mendapatkan hasil 55,30% dan 80,30% pada siklus 2. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan Ayam dan Musang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dan telah mencapai tingkat capaian perkembangan (TCP).


Kata Kunci : motorik kasar, permainan Ayam dan Musang

Kata Kunci

motorik kasar, permainan Ayam dan Musang

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pratiwi, S., & Rosifa , I. (2022). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Ayam Dan Musang (Penelitian Di KB Al-Hujarot Sucinaraja Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(2), 42–50. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i2.260

Referensi

  1. Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2019). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
  2. Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  3. Yudha, dkk,. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tingkat
  4. Hidayanti, Maria. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, hal. 196 Universitas Negeri Jakarta.
  5. Permadi, Agung. (2013). Penerapan Model Pembelajaran PAUD Melalui Permainan Tradisional Ayam dan Musang di PAUD Bhakti Luhur. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  6. Kasanah, Umi. (2015). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Musang dan Ayam pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Pojok Campurdarat Tulungagung. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
  7. Mu’alimin., & Arofah, Rahmat. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik, Yogyakarta: Ganding Pustaka.
  8. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014.
  9. Izzaty, Rita Eka, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
  10. Zaman, Badru., dkk. (2010). Media Dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
  11. Pudjiati. (2011). Bermain Bagi AUD Dan Alat Permainan Yang Sesuai Bagi Usia Anak. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini; Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal; Kementerian Pendidikan Nasional.