Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan keaksaraan anak usia dini melalui media buku baca montessori di RA Assilaturahmi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 12 anak , 6 anak laki –laki dan 6 anak perempuan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas  (PTK). Model Kemmis dan Mc. Taggert. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan pengembangan kekasaraan  melalui  media buku baca montessori berdasarkan tiga indikator observasi  yaitu mengenal dan menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, mengenal keaksaraan awal melalui bermain dan menunjukan keaksaraaan awal dalam berbagai karya. Pada pratindakan di dapat hasil  anak belum berkembang (50%). Pada siklus I pertemuan I di peroleh anak belum berkembang (42%). Pada siklus II pertemuan II di Peroleh anak belum berkembang  (28%). Pada siklus II pertemuan II di peroleh anak berkembang sesuai harapan dan anak sudah berkembangan sangat baik (72%). Pada sikls II pertemuan II di peroleh anak yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik ( 89%).


 


Kata kunci :  keaksaraan ; media buku baca montessori ; anak usia dini


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Abdillah, S., Aliyah, S., & Madaniah, P. (2022). PENGARUH PENERAPAN MEDIA BUKU BACA MONTESSORI TERHADAP PENGEMBANGAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (PENELITIAN DI RA ASSILATURAHMI PASIRWANGI GARUT). Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 131–137. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/259