Isi Artikel Utama

Abstrak

Rendahnya minat literasi dalam dunia pendidikan di kabupaten Garut yang melatarbelakangi penelitian ini, Sehingga peneliti memiliki tujuan untuk mengungkapkan bagaimana perkembangan literasi anak usia dini jika menerapkan metode Read-Aloud dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) Model Kemmis Dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Cara menganalisis data dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu 20 peserta didik usia 3-4 Tahun di Kober Miftahul Hidayah Bayongbong Garut.  Penelitian dilakukan selama tiga siklus, tahapan indikator yang terlihat berkembang yaitu mampu menjawab pertanyaan sederhana, bisa membaca dan menulis permulaan, lancar dalam pelafalan vokal, intonasi dan ekspresi, mampu mengungkapkan isi pesan yang disampaikan dalam buku, dan yang terakhir ketertarikan mendengarkan cerita dengan mempertahankan perhatian bacaan selama 10-15 menit.  Berdasarkan hasil penelitian melalui penerapan metode Read-aloud secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan perkembangan literasi anak usia dini. Baik usia 3.0-3.11 atau 4.0-4.11 keduanya sangat efektif untuk diterapkan metode read-aloud baik di sekolah beserta pendidik ataupun di rumah beserta orang tua.


Kata kunci: perkembangan; Literasi; Metode Read-Aloud.

Kata Kunci

perkembangan Literasi Metode Read-Aloud Perkembangan Metode Read-Aloud Literasi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wardani, E., & alwah syamsiah, A. (2022). Penerapan Metode Read-Aloud Pada Perkembangan Literasi Anak Usia Dini Di Kober Miftahul Hidayah Bayongbong Garut. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(1), 60–67. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.256

Referensi

  1. E F Rahmani, ‘Received: 25 Th February 2021; Revised: 7 Th May 2021; Accepted: 27 Th June 2021’, Researchgate.Net, 8 (2021), 47–63 <https://doi.org/10.15408/ijee.v8i1.19880>.
  2. Frejd, Johanna, ‘Children’s Encounters with Natural Selection During an Interactive Read Aloud’, Research in Science Education, 51 (2021) <https://doi.org/10.1007/s11165-019-09895-9>
  3. Haggström, Margaretha, ‘The Art of Read-Aloud, Body Language and Identity Construction: A Multimodal Interactional Analysis of Interaction between Parent, Child and Picture Book’, International Journal of Language Studies, 14.1 (2020), 117–40
  4. Hidayatullah, Syarif, Nur Aini Puspitasari, Awaludin Hidayat Ramli Inaku, Abdul Rahman Jupri, Achmad Mubarok, and Universitas DR Muhammadiyah HAMKA, ‘Peningkatan Keterampilan Mendongeng Dengan Teknik Read Aloud Pada Guru PAUD Aisyiyah Petukangan Utara’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12.3, 424–27 <http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas>
  5. Husna Farhana, Awiria, Nurul Muttaqien, ‘Penelitian Tindakan Kelas’, JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI.1 (2008), 87–93
  6. Ika, Lenaini, ‘Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling’, Jurnal Kajian, Penelitian & Pengambilan Pendidikan Sejarah, 6.1 (2021), 33–39 <http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/download/4075/pdf>
  7. Nur Pratiwi, Laili, ‘The Role of I-Shop Program in Development of Superior Product of West Nusa Tenggara (Study in Trade Department of West Nusa Tenggara Province in 2017)’, 2019, 1–52
  8. Nurhayati, Eti, ‘Literasi Awal Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini Dengan Teknik Reading Aloud’, AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5.1 (2019), 113 https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3981
  9. Nugraha, Farida, Penelitian Tindakan Kelas, 2008, I <http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org>
  10. Sumitra, Agus, and Nita Sumini, ‘Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud’, Jurnal Ilmiah Potensia, 4.2 (2019) <https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120>
  11. Sidik Nuryanto, Penggunaan Metode Read Aloud Untuk Mendongeng Pada Anak Usia Dini.
  12. Whitehead, M. 2004. Children’s Early Literacy. London. SAGE Publications Company