Isi Artikel Utama

Abstrak

Judul ini diangkat peneliti berdasarkan latar belakang masalah 1) Anak bosan dengan gaya mengajar guru yang monoton 2) Kurangnya media untuk bermain musik di sekolah 3) Kurangnya waktu untuk bermain musik disekolah.Tujuan dilakukanya penlitian ini yaitu : Terdeskripsikanya kemampuan musikal anak usia dini pada kelompok B RA Al-Maasy Bayongbong, terdeskripsikanya penggunaan alat musik goyang sederhana  berbahan barang bekas pada anak usia dini kelompok B RA Al-Maasy Bayongbong, terdeskripsikanya peningkatan kemampuan musikal anak usia dini dengan menggunakan alat musik sederhana berbahan barang bekas kelompok B RA Al-Maasy Bayongbong. Pendeketan penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada seluruh peserta didik kelompok B di RA Al-Maasy Bayongbong yang berjumlah 22 orang anak. Objek penelitian ini adalah penggunaan alat musik goyang sederhana berbahan barang bekas untuk meningkatkan kemampuan musikal anak usia dini. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dua pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Kesimpulan hasil penelitian ini, penggunaan alat musik goyang sederhana berbahan barang bekas di kelompok B RA Al-Maasy Bayongbong dengan nilai akhir yaitu 81% yang dicapai pada siklus II pertemuan 3. Maka dari itu penelitian ini dinyatakan berhasil.


Kata Kunci: Alat musik goyang, barang bekas, kemampuan musikal

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jubaedah, E., & Silviana, W. A. (2022). PENGGUNAAN ALAT MUSIK GOYANG SEDERHANA BERBAHAN BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUSIKAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL AL-MAASY: PENGGUNAAN ALAT MUSIK GOYANG SEDERHANA BERBAHAN BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUSIKAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B RA AL-MAASY. Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 93–99. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/252