Isi Artikel Utama

Abstrak

Berdasarkan observasi awal ditemukan beberapa permasalahan yang berpengaruh terhadap terhambatnya perkembangan motorik, diantaranya penerapan metode yang kurang bervariatif, stimulus yang kurang maksimal, dan kegiatan yang diberikan oleh guru membuat respon anak kurang dan pembelajaran menjadi membosankan. Maka penggunaan metode, strategi dan pendekatan yang tepat sangat diperlukan, salah satunya dengan menggunakan metode Total Physical Respons (TPR) adalah metode yang diciptakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak, selain itu metode ini juga bisa meningkatkan kemampuan motorik anak karena metode ini terdiri dari tiga unsur yaitu ucapan, perintah dan gerak. Untuk memaksimalkan stimulus yang diberikan, metode ini digabungkan dengan kegiaan gerak lagu, merupakan aktivitas bernyanyi yang diiringi dengan gerakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan  motorik anak usia dini kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Ma’ arif Al- Ikhlas dengan penerapan metode Total Physical Respons (TPR) melalui kegiatan gerak lagu. Jenis kegiatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) design Kemmis dan Tagart, dengan menggunakan metode kualitatif konstruktif dan kuantitatif deskriptif. Observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan untuk teknik pengumpulan data. Subjek penelitian adalah perkembangan motorik anak dengan objek 13 anak yang terdiri dari 4 perempuan dan 9 laki laki. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan motorik anak, dari hasil observasi awal 31% kategori anak berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik menjadi 36% kemudian 58% pada Siklus I. pada Siklus II peningkatan sangat cepat mulai dari 65% lalu 77%, kemudian 88% di pertemuan ke3. Hal ini menunjukan signifikasi penerapan metode Total Physical Respons (TPR) melalui kegiatan gerak lagu dalam meningkatkan kemampuan motorik anak.


Kata kunci: Gerak Lagu, Metode Total Physical Respons (TPR), Motorik.

Kata Kunci

Total Physical Response (TPR) method, song movement, motoric. metode Total Physical Respons (TPR), gerak lagu, motorik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jubaedah, E., & nurfadilah, S. (2022). Penerapan Metode Total Physical Respons (TPR) Melalui Kegiatan Gerak Lagu Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Kelompok A Di Raudhatul Athfal (RA) Ma’arif Al-Ikhlas. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.219

Referensi

  1. Al-Quran Terjemah Kementrian agama Republik Indonesia
  2. Asher, James J, ‘Total Physical Response Method for Second Language Learning’, San Jose: San Jose State College., 1968
  3. Euis Yanah Mulyanah, Ishak, Moh. Iqbal Firdaus, ‘PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE ( TPR ) DALAM PENGUASAAN KOSA KATA Bahasa Inggris Sekolah Dasar’, Jpsd, 4.2 (2018), 175–89
  4. Fitriani, Rohyana, and Rabihatun Adawiyah, ‘Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini’, Jurnal Golden Age, 2.01 (2018), 25>
  5. Hasan, ‘Media Musik (Lagu) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat MI’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan., 2018
  6. PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, and PEMERINTAH PUSAT, ‘Peraturan Pemerintah (PP) Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan’, Jdhi Bpk Ri Database Peraturan, 2022
  7. Sugiyono, Metode Penelitian Kulitatif (Bandung: Alfabeta CV, 2020)
  8. Sujudi, Achmad, ‘Undang Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 1116/MENKE.1 (2003), 1–22
  9. Widayat, Ani, ‘Penelitian Tindakan Kelas’, Jurnal Pendidikan Kauntansi Indonesia, VI.1 (2008)
  10. Widhianawati, Nana, ‘Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini’, Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus.2 (2011), 154–63