Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam kemampuan berhitung permulaan pada kelompok B RA Tanjung Assalam Pakenjeng. Perlunya media yang menyenangkan untuk menunjang proses pembelajaran yang menarik, aktif dan inovatif. Media magic ruler puzzle  dapat mengefektifkan pembelajaran kemampuan berhitung permulaan anak usia dini.


Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Terdeskripsikannya kemampuan berhitung anak kelompok B di RA Tanjung Assalam. 2). Terdeskripsikannya penggunaan media magic ruler puzzle pada kelompok B di RA Tanjung Assalam. 3). Terdeskripsikannya upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dengan menggunakan media magic ruler puzzle di kelompok B RA Tanjung Assalam.


Metode penelitian yaitu (PTK) dengan model Kemmis MC dan Taggart, pendekatan kualitatif pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan data kualitatif. Penelitian dilakukan pada kelompok B RA Tanjung Assalam sebanyak 14 orang anak.


Hasil penelitian dilaksanakan 2 kali tes pada siklus I nilai rata-rata 64,28 dengan persentase ketuntasan  78,57% yaitu 11 orang anak dari 14 orang anak. Sedangkan siklus II nilai rata-rata 90,62 dengan persentase ketuntasan 92,85% yaitu 13 orang anak dari 14 orang anak. Ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata kemampuan berhitung permulaan dari siklus I ke siklus II 26,34 dan peningkatan ketuntasan hasil belajar 14,28%.


Kata kunci: Berhitung Permulaan, Media Magic Ruler Puzzle.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ulfah, F., & Ropiq Alkibtiah, S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA MAGIC RULER PUZZLE PADA KELOMPOK B RA TANJUNG ASSALAM PAKENJENG. Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 8–19. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/205