Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam kemampuan berhitung permulaan pada kelompok B RA Tanjung Assalam Pakenjeng. Perlunya media yang menyenangkan untuk menunjang proses pembelajaran yang menarik, aktif dan inovatif. Media magic ruler puzzle dapat mengefektifkan pembelajaran kemampuan berhitung permulaan anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Terdeskripsikannya kemampuan berhitung anak kelompok B di RA Tanjung Assalam. 2). Terdeskripsikannya penggunaan media magic ruler puzzle pada kelompok B di RA Tanjung Assalam. 3). Terdeskripsikannya upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dengan menggunakan media magic ruler puzzle di kelompok B RA Tanjung Assalam.
Metode penelitian yaitu (PTK) dengan model Kemmis MC dan Taggart, pendekatan kualitatif pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan data kualitatif. Penelitian dilakukan pada kelompok B RA Tanjung Assalam sebanyak 14 orang anak.
Hasil penelitian dilaksanakan 2 kali tes pada siklus I nilai rata-rata 64,28 dengan persentase ketuntasan 78,57% yaitu 11 orang anak dari 14 orang anak. Sedangkan siklus II nilai rata-rata 90,62 dengan persentase ketuntasan 92,85% yaitu 13 orang anak dari 14 orang anak. Ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata kemampuan berhitung permulaan dari siklus I ke siklus II 26,34 dan peningkatan ketuntasan hasil belajar 14,28%.
Kata kunci: Berhitung Permulaan, Media Magic Ruler Puzzle.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Anjani Putri Belawati Pandiangan, Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Esionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa) (Yogyakarta: Budi Utama, 2019). 8
- Wahyu Wibowo, Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah, Pertama. (Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2011).43
- Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011).
- Ajat Rukajat, Penelitian tindakan kelas (classroom action research)disertai contoh judul skripsi dan metodologinya (yogyakarta:Budi utama, 2018).42
- Basri Bado, Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah (Jakarta: CV Tahta Media Group, 2022).181
- Dwi Nomi Pura et al., “Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil,” Jurnal Ilmiah Potensia 4, no. 2 (July 28, 2019): 131–140.
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Permendikbud NO 137 (Indonesia: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014).
- Muhajir, “Materi dan metode pendidikan anak dalam Al-qur’an” (Banten:Lembaga enen rb itn fakultas tarbiyah dan keguruan, 2015) hlm 84
- Norma Diana Fitri, “Metode Fingermathic Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Trunojoyo 04, no. 1 (2019): 569.
- Nurhadia Fitri and Mahsyar Idris, “Nilai Pendidikan Islam Dalam Qur ’ an Surah Luqman Ayat 1-19 :Tinjauan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik,” Al-Musannif 1, no. 1 (2019). Hlm 34.
Referensi
Anjani Putri Belawati Pandiangan, Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Esionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa) (Yogyakarta: Budi Utama, 2019). 8
Wahyu Wibowo, Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah, Pertama. (Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2011).43
Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011).
Ajat Rukajat, Penelitian tindakan kelas (classroom action research)disertai contoh judul skripsi dan metodologinya (yogyakarta:Budi utama, 2018).42
Basri Bado, Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah (Jakarta: CV Tahta Media Group, 2022).181
Dwi Nomi Pura et al., “Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil,” Jurnal Ilmiah Potensia 4, no. 2 (July 28, 2019): 131–140.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Permendikbud NO 137 (Indonesia: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014).
Muhajir, “Materi dan metode pendidikan anak dalam Al-qur’an” (Banten:Lembaga enen rb itn fakultas tarbiyah dan keguruan, 2015) hlm 84
Norma Diana Fitri, “Metode Fingermathic Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Trunojoyo 04, no. 1 (2019): 569.
Nurhadia Fitri and Mahsyar Idris, “Nilai Pendidikan Islam Dalam Qur ’ an Surah Luqman Ayat 1-19 :Tinjauan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik,” Al-Musannif 1, no. 1 (2019). Hlm 34.