Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah media pembelajaran yang digunakan pembelajaran sains yang masih kurang maksimal karena hal ini terlihat dari fokusnya anak-anak karena media yang digunakan masih menggunakan lembar kerja siswa atau masih menggunakan kartu gambar. Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsikasnnya pembelajaran sains untuk anak usia dini pada tema hewan di kelompok B TK Kartina Kiddy Club, penggunaan proyektor pada pembelajaran sains anak usia dini pada tema hewan di kelompok B TK Kartina Kiddy Club, dampak penggunaan proyektor pada pembelajaran sains anak usia dini di kelompok B TK Kartina Kiddy Club. Adapun metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode studi kasus yaitu meneliti kasus atau fenomena untuk mempelajari lebih lanjut tentang latar belakang, keadaan dan interaksinya. Objek penelitian ini dampak penggunaan proyektor pada perkembangan pembelajaran sains dengan tema hewan, subjeknya siswa kelompok B dengan jumlah 15 orang. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningakatan perkembangan pembelajaran sains, dari hasil observasi awal 20% kategori anak yang belum berkembang dan mulai berkembang menjadi 60%. Hal ini menunjukkan cukup signifikan dampak penggunaan proyektor pada perkembangan pembelajaran sains dalam tema hewan.
kata kunci : Proyektor, Dampak, Pembelajaran Sains
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Fajar Farham Hikam and Erwin Nursari, ‘Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini’, Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 2020, 38–49 <https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.14>.
- Hj Gunarti and others, ‘Proses Pembelajaran Paud’.
- Rizki Widiatno, ‘Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif (Mmi) Pada Kompetensi Dasar Metode Dasar Memasak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 3 Blitar’, E-Journal Boga, 03 (2014), 11 <https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/download/6650/7384https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/download/6650/7384>.
- Nur Hotimah and Yanto Yanto, ‘Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini’, Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1.2 (2019), 85–93 <https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.66>.
- Radix Prima Dewi and Siti Nur Hidayah, ‘Metode Study Kasus’, Skripsi, 2019, 19.
Referensi
Fajar Farham Hikam and Erwin Nursari, ‘Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini’, Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 2020, 38–49 <https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.14>.
Hj Gunarti and others, ‘Proses Pembelajaran Paud’.
Rizki Widiatno, ‘Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif (Mmi) Pada Kompetensi Dasar Metode Dasar Memasak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 3 Blitar’, E-Journal Boga, 03 (2014), 11 <https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/download/6650/7384https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/download/6650/7384>.
Nur Hotimah and Yanto Yanto, ‘Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini’, Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1.2 (2019), 85–93 <https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.66>.
Radix Prima Dewi and Siti Nur Hidayah, ‘Metode Study Kasus’, Skripsi, 2019, 19.