Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah media pembelajaran yang digunakan pembelajaran sains yang masih kurang maksimal karena hal ini terlihat dari fokusnya anak-anak karena media yang digunakan masih menggunakan lembar kerja siswa atau masih menggunakan kartu gambar. Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsikasnnya pembelajaran sains untuk anak usia dini pada tema hewan di kelompok B TK Kartina Kiddy Club, penggunaan proyektor pada pembelajaran sains anak usia dini pada tema hewan di kelompok B TK Kartina Kiddy Club, dampak penggunaan proyektor pada pembelajaran sains anak usia dini di kelompok B TK Kartina Kiddy Club. Adapun metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode studi kasus yaitu meneliti kasus atau fenomena untuk mempelajari lebih lanjut tentang latar belakang, keadaan dan interaksinya. Objek penelitian ini dampak penggunaan proyektor pada perkembangan pembelajaran sains dengan tema hewan, subjeknya siswa kelompok B dengan jumlah 15 orang. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningakatan perkembangan pembelajaran sains, dari hasil observasi awal 20% kategori anak yang belum berkembang dan mulai berkembang menjadi 60%. Hal ini menunjukkan cukup signifikan dampak penggunaan proyektor pada perkembangan pembelajaran sains dalam tema hewan.


 


kata kunci : Proyektor, Dampak, Pembelajaran Sains

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jubaedah, E., & Herawati, Y. (2022). DAMPAK PENGGUNAAN PROYEKTOR PADA DAMPAK PENGGUNAAN PROYEKTOR PADA PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN SAINS DENGAN TEMA HEWAN DI KELOMPOK B TK KARTINA KIDDY CLUB. Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28–33. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/203