Isi Artikel Utama

Abstrak

digunakan untuk membantu meningkatkan minat belajar di kelompk B RA Riadul Falah. Minat dapat diukur melalui empat indikator, antara lain yaitu ketertarikan untuk belajar, keterlibatan siswa, mempunyai perasaan senang atau ceria ketika belajar, dan memperhatikan guru.


          Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan design pre-experimental tipe one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelompok B RA Riadul Falah sebanyak 15 siswa. Berdasarkan dari hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa dari perolehan nilai 15 siswa mengalami peningkatan. Hasil tersebut dapat dilihat dari nilai t tabel  sebesar  2,1447 sedangkan nilai   t hitung  sebesar 11. Berdasarkan ketentuan apabila t hitung > t tabel maka terdapat pengaruh. variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis diterima. Ini berarti media pop-up berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa dengan taraf signifikan 5%. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.


 


Kata Kunci: Minat Belajar, Media Pop-up Book.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ulfah, F., & Aisah, S. (2022). PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA RIADUL FALAH PAKENJENG GARUT. Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 123–130. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/200