Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya kemampuan anak usia dini dalam berkonsentrasi, seperti kurang memahami informasi yang disampaikan, dan belum mampu bertindak sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis  peningkatan konsentrasi anak usia dini melalui kegiatan menjahit di TK Al-Kautsar Leuwidaun.


Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa TK kelompok A usia 4-5 tahun sebanyak 12 orang. Pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 3 sesi. Siklus I dengan tema binatang air yang dimana pada sesi 1 menggunakan tema binatang ikan, sesi 2 menggunakan tema binatang kura-kura, dan sesi ke-3 menggunakan tema binatang lumba-lumba. Sedangkan siklus II menggunakan tema binatang mamalia yang dimana pada sesi 1 menggunakan binatang monyet, sesi 2 menggunakan tema binatang kuda nil, dan sesi ke-3 menggunakan tema binatang jerapah.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi anak meningkat tiap siklusnya. Sebelum adanya tindakan, persentase konsentrasi anak yang tadinya 8% meningkat menjadi 58% pada siklus I dan 92% pada siklus II. Peningkatan kemampuan konsentrasi belajar anak usia dini di TK Al-Kautsar dikatakan berhasil, karena peningkatan konsentrasi anak telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan 80%.


 


Kata Kunci : Konsentrasi, Belajar dan Menjahit

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pratiwi, S., & Nur Asia’ah, Y. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit. Anaking - Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 114–122. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/194