Isi Artikel Utama

Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman, bahasa mengalami peningkatan atau perubahaan diakibatkan akulturasi budaya yang menciptakan kosakata atau logat baru. Disisi lain hal ini mengakibatkan hilangnya bahasa asli berganti dengan bahasa baru yang merubah susunan sintakisnya. Bahasa Sunda sebagai Bahasa Ibu untuk wilayah Jawa Barat yang harus diaplikasikan oleh masyarakat dengan seiring perkembangan zaman mulai terkikis perannya. Orang tua lebih mengutamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang diajarkan kepada anak sejak usia dini. Oleh karena itu perlu adanya suatu metode untuk pembelajaran yang menstimulus anak usia dini agar bisa berbahasa Sunda dengan baik dan benar. Total Physical Response adalah metode pendidikan bahasa untuk diterapkan pada Anak Usia Dini yang menitik beratkan pada koordinasi perintah, ucapan dan gerak untuk membantu anak memahami suatu bahasa. Metode Total Physical Response merupakan metode pengajaran bahasa dengan perintah atau instruksi yang bertujuan untuk mengajarkan bahasa melalui aktivitas fisik atau motorik didasarkan pada koordinasi ucapan dan gerakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil dari penerapan metode TPR oleh pendidik kepada peserta didik, mengajarkan bahasa sunda di TK Kembang Jati. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Observasi wawancara, dan dokumentasi dilakukan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode TPR berdasarkan tiga indikator obsrvasi memberikan hasil yang sangat siginifikan terhadap peserta didik dalam menggunakan bahasa sunda baik dalam segi pemahaman siswa terhadap komunikasi verbal atau pun non verbal. Dengan diterapkan metode TPR oleh pendidik kepada peserta didik yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari dapat membantu memelihara dan melestarikan budaya bahasa sunda sebagai bahasa ibu.


 


kata kunci : metode total physical response ; bahasa sunda ; anak usia dini


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jubaedah, E., & Indriyanti, Y. (2022). PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA SUNDA AUD KELOMPOK B TK KEMBANG JATI. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(1), 20–27. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/180