Main Article Content

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitianukualitatif, yaitu studi kasus. Data dan informasi utama diperoleh dari kepala atau pimpinan PKBM Intan Bandung sebagai informan kunci dalam memperoleh data penelitian. Lebih lanjut, data dan informasi pendukung diperoleh dari tenaga pendidik di lembaga tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terlibat, wawancara mendalam, & dokumentasi. Hasil dari observasi ditemukan penerapan Manajemen Mutu Terpadu di PKBM Intan Bandung sebagai berikut: terbangunnya komunikasi yang baik dengan berbagai pihak PKBM Intan Bandung, komunikasi efektif dan kerjasama dengan para orang tua PKBM Intan Bandung, terbentuknya pribadi yang berakhlak mulia, serta terlaksananya kegiatan pengembangan diri bagi siswa. PKBM Intan Bandung telah benar-benar menerapkan konsepumanajemen mutu terpadu secara baik dengan konsentrasi pada keunggulan lokal yang dimilikinya, yaitu pembinaan karakter sebagai strategi meningkatkan kualitas dan prestasi sekolah.


Kata kunci: Manajemen mutu terpadu; Pusat kegiatan belajar masyarakat.

Article Details

How to Cite
Ali, A., Mardiati, A., & Erihadiana, M. (2021). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Intan Bandung. Jurnal NARATAS, 1(1), 15-20. https://doi.org/10.37968/jn.v1i1.38