Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran ril dari proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran model daring, serta menawarkan model alternatif yang lebih efektif di saat pandemik Covid-19 yang sedang terjadi. Adapun metode yang digunakaan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan responden adalah kepala sekolah, komite sekolah, guru dan orang tua siswa yang mewakii 2 KKG dan 17 sekolah dasar di Kabupaten Garut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (I). Proses pembelajaran daring bagi guru dan siswa sekolah dasar di Kabupaten Garut belum efektif dilaksanakan, hal tersebut terjadi karena terhambat oleh faktor SDM (kemampuan penguasaan teknologi pembelajaran daring bagi guru), aspek infrastruktur dan suprastruktur pembelajaran daring yang masih minim, serta masalah latar belakang ekonomi orang tua siswa yang rendah. (2). Untuk mengatasi berbagai hambatan dan kendala proses belajar mengajar selama masa pandemik, dibutuhkan model alternatif pembelajaran “Kombinasi” yaitu perpaduan antara model daring dan luring sebagai solusi bagi guru sekolah dasar.


Kata Kunci: Covid-19; Kombinasi; Model; Pandemi

Article Details

How to Cite
Basri, J., Sulaiman, H. ., & Raito. (2021). Model Kombinasi; Sebagai Alternatif Pembelajaran saat Pandemi Covid-19. Jurnal NARATAS, 1(1), 10-14. https://doi.org/10.37968/jn.v1i1.37