Main Article Content

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menunjukkan implementasi 9 kecerdasan majemuk dalam metode pembelajaran yang disampaikan pada siswa TK/RA. Kemudian penulis bagi kedalam 9 pertemuan dengan indikator siswa TK/RA mampu menghafal 25 nama Nabi dan Rasul. Kecerdasan majemuk (multiple intelligence) adalah sebuah teori yang dikembangkan oleh Howard Gardner. Filosofi yang dibangun dari teori kecerdasan majemuk bahwa setiap anak dilahirkan dengan potensi kecerdasannya masing-masing. Penelitian yang dilakukan termasuk kedalam penelitian deskriptif dimana proses penelaahan teori dilakukan kemudian ditafsirkan dalam bentuk implementasi metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dapat diimplementasikan di ruang ruang kelas TK/RA dan dapat mengakomodasi beragamnya kecerdasan yang dimiliki siswa-siswa TK/RA. Hemat penulis penting bagi pendidik menguasai konsep kecerdasan majemuk dan metode pembelajaran. Pun mengenal masing-masing karateristik kecerdasan yang dimiliki oleh siswa-siswa TK/RA. Sehingga akhirnya pendidik dapat mendidik sesuai dengan potensi kecerdasan masing-masing siswa tanpa mengabaikan pakem pembelajaran di TK/RA yaitu belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar.

Article Details

How to Cite
Assidiq, R., & Ida Widari. (2019). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK/ RAUDLATUL ATHFAL. Jurnal NARATAS, 1(2), 11-20. Retrieved from https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/JN/article/view/32